Thursday, June 12, 2008

About Lighting, Tentang Pencahayaan
Basically photograph can be defined as recording light that goes trough the lens of a camera. Jadi boleh dibilang cahaya adalah hal yang paling penting dalam menciptakan sebuah photo. Dengan kata lain, hasil photo yang bagus akan banyak ditentukan oleh respon kita terhadap cahaya dan bagaimana kita memilih pencahayaan. Cahaya sendiri pada dasarnya terdiri dari dua jenis, yaitu cahaya natural misalnya cahaya matahari, dan buatan misalnya cahaya lampu.

Pemotretan di bawah cahaya matahari
You can get plenty of light out of the sun, that’s for sure. However, you might have to wait a bit if you want the light to have the quality that you need for your picture. (Philip Greenspunhttp://photo.net/making-photographs/light)

Maksudnya pada saat pemotretan dengan sumber cahaya matahari, kita dengan mudah bisa mendapatkan pencahayaan yang cukup namun kita harus menunggu atau memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan kualitas cahaya yang terbaik yang kita inginkan untuk hasil photo yang terbaik.

Pada saat tengah hari yang cerah, kekuatan cahaya matahari sangat kuat. Cahayanya akan sangat terang (hard light) yang menghasilkan bayangan yang sangat kontras. Dalam beberapa kasus, bayangan yang sangat kuat akan membuat foto kita kurang menarik. Misalnya kita sedang memotret seseorang pada tengah hari, karena wajahnya tertutup bayangan rambut atau alis mata, wajah subyek atau matanya yang cakep akan jadi gelap. Hal ini tentunya akan sangat mengecewakan.

Salah satu solusi untuk masalah ini tentunya anda harus cermat menempatkan subject pada posisi yang tepat atau memindahkan subject pada lokasi dibawah lindungan cahaya matahari langsung (under shade). Solusi lain adalah dengan bantuan lampu kilat (fill in flash) atau dapat juga dilakukan pemantulan cahaya dengan reflektor (Tip and Trik lebih lanjut untuk masalah ini Insya Allah akan dibahas pada Chapter2 selanjutnya).

Photo surveyor di atas di rekam dengan metode Fill in Flash, sebagai langkah solusi untuk menghilangkan bayangan yang terdapat pada area mata dan area dibawah helm. Waktu pemotretan sekitar jam 9pagi tapi cahaya sudah sangat kuat sehingga menimbulkan bayangan yang sangat terlihat. Bayangan juga tampak kuat dibawah lensa dan tombol pengatur peralatan survey. Dengan Fill in Flash, bayangan dapat direduksi. Photo pun jadi menarik untuk dilihat.

Canon EOS 350D ISO 100, F/8, 1/200 sec :: 24/07/2007 09:15PM


Waktu yang baik untuk pemotretan
Waktu yang baik untuk pemotretan under the sunlight tentunya pada saat-saat dimana cahaya matahari tidak terlalu kuat yang dapat menimbulkan efek bayangan yang tidak diinginkan. Tidak semua efek bayangan adalah buruk, untuk pemotretan siluet saat sunset bayangan matahari justru dapat menghasilkan efek yang dramatis.

Untuk lanskap photography waktu yang baik tentunya adalah pagi hari. Banyak postcard yang bergambar lanskap berupa persawahan di Bali yang dipotret pada saat pagi hari yang cerah. Kekuatan cahaya matahari pagi belum begitu kuat memberikan efek warna menjadi lebih sejuk. Bayangan yang ditimbulkan juga tidak terlalu kuat.


Selain pagi hari sore hari juga merupakan waktu yang baik untuk pemotretan. Efek warna yang dihasilkan tentunya berbeda dengan pagi hari. Foto pada sore hari memberikan efek warna yang hangat.

Photo diatas diatas diambil pada jam setengah delapan pagi, langit sangat cerah. Suasana segar dapat terekam dengan bagus. Diafragma diambil F/8 untuk memperpanjang rangge fokus (depth of field) karena gambar diambil pada jarak yang cukup jauh.
Canon EOS 350D ISO 200, F/8, 1/200 sec :: 22/12/2006 07:33AM


Pada foto diatas, pemotretan dilakukan pada pagi hari dengan menggunakan teknik backlight, sinar matahari yang tidak terlalu kuat justru menimbulkan efek rambut dan jaket yang berkilau sementara wajah dan tubuh bagian depan tidak terlalu gelap.

Foto anak-anak bermain di pantai Renehan diambil
pada sore hari. Cahaya matahari masih tampak kuat. iwoth menunggu momen yang pas dan mengambil gambar saat ’the boys’ menghadap matahari.
Canon EOS 350D ISO 100, F/8, 1/320 sec :: 18/03/2007 03:17PM




bersambung ke chapter selanjutnya..
any comment will be appreciated.

Salam, iwoth..
ps: tutorial photography yang sama juga diposting di http://iwoth.blogspot.com/

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online